Monday 28 November 2011

".. sebab itu, maka wanita yang saleh adalah yang taat kepada Allah lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada, oleh karena Allah telah memelihara (mereka)."[An-Nisa':34] ---- "seorang istri juga tidak diperbolehkan mengijinkan orang masuk ke rumahnya kecuali dengan seijin suaminya [HR Bukhari&Muslim]

16 comments:

  1. nah.. itu kan buat yang udah nikah, yg statusnya udah jadi istri, klo buat yg masih single kayak saya gimana ya? hehe..

    ijinnya ke bapak kali ye..
    eniwei, mau masih single kek, dobel kek,, ya.. dari norma lingkungan aja udah kagak enak deh diliatnya ye gak? rawan menimbulkan pitnah cuy..! hehe..

    bagaimana dengan sodara tapi bukan muhrim? nah ini mungkin ada yang mau jawabin?

    tapi sebenernya saya bukan mau ngajak diskusi fiqh sih.. ini mau cerita. jadi gini ceritanya..


    beberapa hari yang lalu, rumah saya dicat ulang. Maklum.. udah kena banjir berapa kali ditambah ada 4 org makhluk2 kecil yang kreatif dan gemar menggambar, menjadikan tembok rumah saya tidak dapat dilukiskan dengan kata-kata.. hehe..

    maka kedua orang tua saya pun memutuskan untuk mengecat ulang rumah. luar dan dalam.
    diminta tolonglah seorang bapak baik hati yang disinyalir juga rajin menabung dan sayang keluarga, beserta seorang anak laki-lakinya, untuk mengecat.
    prosesnya berlangsung selama kurang lebih dua minggu. bapaknya baik, rajin, cekatan. pokoknya oke deh, hasil kerjanya juga rapi.. saya ada nomer kontaknya kalo mau..

    halah.. maaf bukan itu yg mau diceritain.. haduuh..

    nah.. jadi suatu hari ayah dan ibu saya musti ke toko bangunan untuk membeli perlengkapan. beliau berdua perginya sekitar jam setengah 12, bertepatan dengan waktu istirahat Mamang sama anaknya. Mereka biasa istirahat buat makan siang dan solat dari jam segitu sampe jam 1. gak pernah terlambat. sealu tepat waktu.

    nah, rencana ayah ibu saya adalah secepatnya pergi, lalu secepatnya kembali lagi, gak mau ninggalin saya seorang diri nungguin mamang dan anaknya ngecat. yah meskipun percaya mereka baik, cuma kedua ortu saya pahamlah, saya juga gak mau ditinggal sendirian.

    ternyata eh ternyata.. takdir berkata lain.. sampe jam 1 urusan ayah saya belom kelar juga. saya udah mulai bingung.. ntar klo mamang sama anaknya dateng gimana ya? ya udahlah. ntar minta tunggu di luar aja.

    akhirnya mereka berdua dateng. demi melihat mobil tak ada, dan yang menyambut saya, mamang pun nanya, "bapak kemana?"
    saya terangkanlah. belom sempet bilang ntar-aja-ngelanjutnya-lagi-tunggu-bapak-pulang, mamang bilang gini "oh gitu, kalo gitu saya lanjutinnya abis bapak kembali aja ya neng.. kasian si enengnya sendirian."

    saya jawab oh-iya-pak sambil masih rada bingung..
    selesai tutup pintu baru mikir.. ini kenapa ya kira-kira? mamangnya kecapean jadi manfaatin waktu buat istirahat? gak mungkin. mereka berdua adalah tukang yang paling devoted yang pernah saya temui,
    ataukah? oh-la-la.. beliau gak enak karena saya cuman sendirian.

    hehe.. tanpa sadar saya makin respek sama si mamang. Stiap kali datang tukang, saya sering kalang kabut nyari jilbab, jaket dan rok. tapi ketika mamang yang kerja, beliau udah ngerti sendiri, pasti salamnya dari pintu pagar, bukan di depan pintu nyamuk. trus jalannya sengaja dipelanin klo yg jawab itu terdengar gak siap. dan biasanya pandangannya dialihkan ke mana2 dulu, gak ke arah dalam rumah. jadi bisa siap2 dulu. gak gegabrukan panik.. hehehe..

    sepele? nih saya kasih tau, bapak kos saya dulu, mantan pejabat bahkan masih belum paham esensi jilbab, dan sering main slonong boy aja ke wilayah kosan. saya pernah terperangkap di dapur kos lebih kurang setengah jam karena bapak ada di luar asik ngasih makan ikan. padahal beliau tau saya ada di dapur dan nggak pake jilbab. (semoga Allah merahmatimu bapak kosku).
    padahal ya.. perasaan ke gap lagi gak pake jilbab itu.. wuiiiiihh susah dilukiskan dengan kata2 deh.. campur2. malu iya..kesel iya.. sedih iya.. kaget iya.. gitu deh..

    jadi.. sikap mamang itu bukan sesuatu yang sepele buat saya.. itu detail kecil yang berarti banget. bagian dari penghormatan dan penghargaan buat izzah saya sebagai seorang muslimah.
    ditambah lagi sekarang ia membantu saya tanpa sadar mengamalkan ayat dan hadits di atas.
    hehe.. semoga rejekinya makin lancar ya mang.. :)

    ReplyDelete
  2. ehemmm ehemmmmm
    ada yg lagi belajar niy...

    ReplyDelete
  3. mungkin lebih ke arah tata krama, ya ra.
    bertamu sebaiknya mpe jm brp, trus dlm kondisi na gmn, dsb.

    ReplyDelete
  4. noh udah ditulis cerita yg melatarbelakanginya.. lengkap.. hehehe..

    ReplyDelete
  5. @didi:
    ya.. kita kan harus senantiasa belajar di, di mana pun dan kapan pun.. *uhukuhuksokbijakbener*

    @dyas:
    ya,, tata krama ya yas.. itu mengenai waktu-waktu aurat klo gak salah ada juga deh haditsnya.. wah jadi pengen nyari. :D

    ReplyDelete
  6. ternyata panjaaanngg...
    but menarik, ra. jadi ya don't judge the book by its cover.

    meski preman, saya jago masak, kok #eh

    ReplyDelete
  7. waktu2 yg sebaiknya tidak bertamu juga ada, ra. ky' na catetan na msh ada, dh

    ReplyDelete
  8. yap!! Allah nunjukkin bgt deh.. yg namanya hidayah itu bener2 gak liat tingkat pendidikan atau status sosial. jaman gini masih ada yang belom paham esensi jilbab meski sudah tinggi sekolahnya dan luas pergaulannya, di sisi lain ada yang paham betul cara menghormati org lain meski gak sekolah tinggi.

    wah.. catetan apakah itu??? hehehehe.. ;D klo masih ada boleh lah di share yas! :)

    yesyesyes.. dyas memang jago masak.. tempe goreng! hehe.. baru mengakui tempe bikinan dyas, sebab belom nyobain yang lain.. kkk~

    ReplyDelete
  9. Mantap ira.. Lagi belajar niy malem2 :')

    ReplyDelete
  10. mamang yang ngecat baik hati banget kereeen

    ReplyDelete
  11. Dyaaas ajarin masak.. Catetannya lempar k mari

    ReplyDelete
  12. eh si mamang sudah tahu "tata krama" dibanding bapak kost yang cuek..

    ReplyDelete
  13. kita ketemu dulu dan selesaikan urusan kita, teteh...
    *ngiketkepala* *kepalakambing*

    ReplyDelete
  14. @mbak tintin:
    iye mbak.. bikin terharu.. hehe..

    @dyas:
    jangan lupa yas, sedia handiplas buat nutup robekan celana jins.. :D

    ReplyDelete
  15. ugh, ira masih inget ajaaa
    jadi mallluuuu
    *tonjok2bahuira*

    ReplyDelete