Monday 28 November 2011

Kabar dari Canberra: Cash to stay at school

well di Australia, tepatnya di negara bagian New South Wales masalah putus sekolah juga ada. Sebanyak 25 % dari anak usia sekolah kelas 11 dan 12 di NSW drop out dari sekolah karena masalah ini Pemerintah Federal sampai menganggarkan $ 1 miliar dalam bentuk insentif kepada orang tua untuk mempertahankan anak-anaknya bersekolah. Berikut laporannya



Cash to Stay at School

Simon Benson

The Daily Telegraph, Monday 28,2001


Hampir $ 1 miliar akan dialokasikan oleh Pemerintah Federal demi membujuk orang tua untuk menjaga agar anak-anak mereka tetap bersekolah hingga kelas 12.


Para orang tua dari sekitar 204,000 remaja New South Wales (NSW) dari alokasi itu berhak mendapatkan pembayaran rata-rata sebesar $ 4000.


Insentif tersebut ditujukan untuk menekan tingkat drop out yang tinggi di kalangan pelajar NSW, yakni sekitar 25%, tetinggi di antara negara-negara maju anggota OECD.


Hampir setengah dari anak-anak dari keluarga berpendapatan rendah, 41 persen dari mereka, tidak akan menamatkan kelas 11 atau kelas 12, dibandingkan dengan 78 persen anak-anak dari keluarga berada yang tetap melanjutkan untuk kemudian melanjutkan sekolah sekunder.


Perdana Menteri julia Gillard  hari ini akan mendorong para orang tua di NSW untuk mengambil tawaran bantuan tersebut, bantuan itu akan mulai diberikan per tanggal 1 January, demi membantu pendidikan anak-anak mereka dan membuat mereka memiliki kesempatan kerja yang lebih baik.


"hanya ada satu tempat bagi anak-anak, dan tempat itu adalah sekolah" ucap Gillard.


"Pesan saya jelas. Tetaplah bersekolah. Ketika kamu keluar berlibur panjang di musim kemarau, jangan katakan selamat tinggal (a long good bye) perpisahan. Kembalilah tahun depan dan selsaikan pendidikanmu. Itu akan membuka pintu dan memberikanmu kaki yang kuat untuk menopang hidup."


Skema tersebut, yang merupakan sebuah janji kunci Ms Gillard, akan ditawarkan kepada para orang tua dari anak usia 16 hingga 19 tahun sebagai tambahan pendapatan dari Family Tax Benefit A yang sudah ada (Di Australia, bagi para keluarga yang berpendapatan kurang dari jumlah tertentu, biasanya standar hidup layak, akan mendapatkan insentif langsung dari berupa pendapatan yang disalurkan secara langsung melalui lembaga bernama Centrelink bisa dibaca di marii http://www.centrelink.gov.au/internet/internet.nsf/payments/ftb_a_eligible.htm)


Anak-anak penerima skema bantuan ini diharapkan untuk dapat melanjutkan dan tetap bersekolah di tingak sekunder atau mengikuti pendidikan vokasi yang setara seperti kursus TAFE (semacam politeknik di marii-di Oz masuk Eike)


Penelitian terbaru menyatakan biaya untuk menjaga para remaja tetap bersekolah lebih tinggi sekitar 30-40 persen dari pada biaya sekolah anak-anak di usia yang lebih muda, akan tetapi pada skema lama (family taz) pembayaran justru semakin kecil hampir sekitar 70 persen lebih kecil setelah anak-anak beranjak usia 16 tahun, dengan angkat penurunan tertinggi dari $ 6300 menjadi $ 2000.


Ms gillard mengatakan uang tambahan tersebut akan menolong para keluarga untuk menjaga anak-anak mereka tetap bersekolah, yang mana nantinya membantu merka mendapatkan pekerjaan yang lebih baik, dan pendapatan yang lebih tinggi di masa yang akan datang.


" paket ini akan menjadi bantuan yang sangat berarti bagi para keluarga yang sedang mengalami tekanan finansial, mereka yang dalam kondisi sulit mempertahankan anak-anak remaja (older teenagers istilah yang dipakai dalam artikel--aneh kan klo I tulis remaja yang lebih tua) mereka untuk tetap bersekolah atau mengikuti pelatihan vokasional." Ujar Gillard.


"Menjadi tidak benar kalau saat ini para keluarga mendapatkan insentif yang lebih kecil saat anak mereka beranjank 16 tahun"


Anggaran terbaru yang diterbitkan oleh Departemen Keluarga menunjukkan jumlah insentif yang diberikan kepada  keluarga-keluarga NSW yang berhak menerima skema ini,  hampir dua kali lipat dari angka di Queensland, 40 persen lebih tinggi dari Victoria, dan lima klai lebih tinggi dari South Australia. 


Jumlah maksimum insentif FTB A untuk anak usia 16-17 tahun di sekolah sekunder akan meningkat sekitar $4208 dan untuk 18-19 tahun meningkat $3741. 


1 comment:

  1. Kalau boleh tanyakan apa tujuan pendidikan di Australia? Kemampuan apa yang harus dimiliki pada setiap jenjang pendidikan? Terakhir apa yang dilakukan pemerintah untuk menampung lulusan mereka?

    ReplyDelete