Thursday 25 February 2010

Metode Menghafal Al-Quran Albadari

Assalamualaikum wr wb.

Sebenarnya proyek buku metode menghafal Al-Quran Albadarinya belum rampung, tapi barangkali bisa memberi manfaat buat yang lain juga. Masalah saya dua fokus dan konsistensi. Sejauh ini saya Alhamdulillah sudah bisa menghafal surah ke 78 An-Naba 40 ayat dari ayat satu sampai empat puluh dan sebaliknya.

Juga alhamdulillah sudah menghafal surah 104 Al-Humazah hingga 114 Annaas dari ayat satu sampai akhir masing-masing surah begitupun sebaliknya, dengan artinya dalam bahasa Indonesia, untuk Al-Ikhlas hingga An-Naas juga ditambah hafalan terjemahan dalam bahasa Inggris.

Sekilas tentang metode Albadari terdiri dari dua metode utama dan tiga metode/tools bantuan. Jadi ada lima totalnya, yaitu:

1. Metode Jari Quran Al BAdari
2. RNB (bukan jenis musik tapi Rantai Neuron Bipolar) basisnya grafik tertulis dengan model inset rantai neuron bipolar.

3. Sholat Hafalan
4. Tulis Ikat
5. Kitab Ashabul Yamin

Sampai saat ini baru metode pertama yang sudah rampung dituliskan, itupun 60 persennya. Pengantar dan penjelasannya belum dinarasikan dengan baik.

Sore ini saya berencana buat rekaman penjelasannya doakan dipermudah Allah. Sedangkan 60 persen Moetde jari saya attach di bawah.

Mohon doanya. Minimal saya menghafal juz 30 berikut terjemahnya, baru saya barangkali berani melaunch ke publik. Menurut rencana buku akan disebarkan via dunia maya saja secara gratis. Semoga bisa menjadi amalan jariyah. Itung-itung ngimbangin dosa-dosa aja lah :p

Berhubung ini proyek kebaikan yang tidak dimaksudkan untuk tujuan ekonomis, saya mengundang sahabat-sahabat sekalian untuk bersama mengembangkan. Silahkan kemudian mengembangkan beberapa metode ini ke arah yang lebih memudahkan.

Klo butuh penjelasan bisa hubungi saya langsung. Kirim aja email ke umar.badarsyah@gmail.com atau ke akun yahoo saya bagi teman-teman yang sudah tahu.


Teknik Kedua Rantai Neuron Bipolar bisa di klik di sini

14 comments:

  1. mohon di share kak.
    saya juga sedang (berkeinginan) menghafal Qurán.
    saat ini saya sudah menghafal juz 30 ditambah Al Mulk dan beberapa ayat Ar Rohman.
    kendala saya adalah, mudah lupa.
    mohon bila kakak memiliki info mengenai metode menghafal Qurán, di share ke saya.
    terima kasih.

    *saya belum berkesempatan menghadiri (kembali) kelompok menghapal Qurán.

    ReplyDelete
  2. tunggu penjelasan audionya aja yaa...sebentar, lagi nunggu alat reocrder mp3nya tercharge penuh.

    ReplyDelete
  3. Ka umaaar.. Butuh bantuan saya tak..?? Hehe, kayany seru merampung sebuah metode baru ;) tahfidzul qur'an pulak. Wkwk

    ReplyDelete
  4. Ka umaaar.. Butuh bantuan saya tak..?? Hehe, kayany seru merampung sebuah metode baru ;) tahfidzul qur'an pulak. mau dunk ikutaannn...^^

    ReplyDelete
  5. boleh Ka Azty nanti yaah kita bicarakan lagi..Aku butuh partner untuk menarasikan apa yang ada dalam pikiranku. Aku tipe oralist soalnya, jauh lebih nyaman berbicara dan sedang belajar menuangkannya dalam tulisan. Tunggu yaa..aku masih ada fokus lain yang harus dikerjakan. :)

    ReplyDelete
  6. Bikin rekamannya aja mar, ntar sy bikin transkripnya...
    (mo ikutan dpt pahala... :D)

    ReplyDelete
  7. wah, ini kak umar yg jd teman fb saya kan?
    gimana cara dpt ilmunya?kira2 akan dipublish melalui apa?

    ReplyDelete
  8. bang umar, ada yg bs sy bantu? pingin dpt pahala jg skalian menghapal al qur'an.. :)

    ReplyDelete
  9. semua bermula dari sini http://ulict.multiply.com/journal/item/46?mark_read=ulict:journal:46&replies_read=58&goto=58#reply58 dan kemudian ternyata alhamdulillah sudah ada yang lebih dulu mengembangkannya di sini http://fahmulislam.blogspot.com/2009/08/tehnik-menghafal-dan-murajaah-al-quran.html jadi pada dasarnya saya hanya mengembangkan apa yang Allah titipkan pada saudara-saudara yang lain, memberikan sedikit detail tentang tehnik dan pola tangan pada metode jari, dan mengajukan inovasi baru pada RnB meski dengan basis yang sama yaitu menghafal per-lima ayat. Tunggu yaaa. bismillah :)

    ReplyDelete
  10. mantablah abang ini.
    nanti2 kalo ada yang nanya lagi ke saya, gimana caranya ngafal Qur'an, saya jawab, silakan buka shikaumaru.multiply.com..

    ReplyDelete
  11. hehe. setuju deehh ;)

    kalo perlu kita promo kan, n buat training gitu,,
    kaya Assalam di semarang. *udah lihat tarbawi..?? dapet MURI melatih ibu2 hamil mengajarkan alqur'an sejak masa kandungan. (plok-plok-plok)

    ReplyDelete
  12. umar, aku jadi ingat. aku belajar teknik biola dari seorang profesor musik yang baik sekali. dia mem-post video tutorialnya sebanyak 50 episode (!!!) di youtube dari mulai megang biola sampe teknik main yang bagus, lengkap sekali. dan smuanya gratis.
    krn kamu tipe oral, sptnya bagus banget deh kalo bisa divideokan spt beliau. jadi siapapun bisa mengambil manfaatnya, dan, akan sangat jelas sekali penjelasanmu karena kita bisa liat langsung.
    how? ;)

    ReplyDelete
  13. ayo umar, ntar aku promoin di fesbuk juga. biar jariyahnya ngalir ke aku dan ke dirimu. hehehe...
    kalo perlu aku ikutan nraining nantinya ;) *please deh, mau jadi trainer, apalan aja dah pada ngilang kemana tau..huhuw..

    ReplyDelete
  14. izin nge-link juga di fb,
    arigatou!

    ReplyDelete