Tuesday 29 December 2009

Yuk Kita Temukan Metode Jari Menghafal Al-Qur'an

Alhamdulillah segala puji bagi Allah yang Maha Rahman, Maha Rahiim, dan Maha Sempurna dalam menciptakan manusia.

Salah satu kesempurnaan Allah adalah hikmah jari tangan yang lima. Dengan basis jumlah lima jari tangan dan variasinya banyak orang yang menemukan metode menghitung cepat dengan jari.

Terinspirasi oleh tips metode menghafal Al-Qur'an yang di copas salah seorang Muslimah shalehah di Multiply silahkan di lihat di http://ulict.multiply.com/journal/item/46/Cara_Termudah_Menghapal_Al_Quran?replies_read=43 , saya berfikir untuk mengajak teman-teman sekalian untuk mengembangkan metode Jari menghafal Al-Quran.

Pagi ini, Allah menitipkan ide itu. Saat sedang mengulang dan mempertajam hafalan Juz 30, maklum baru Juz itu dan sebagian Juz satu yang baru saya hafal. Jadi bisa ngeklaim apal Al-Qur'an, paling enggak kalo bikin rumah udah punya pintu depan dan pintu belakangnya...wakakakak.

Klo dalam tips itu bilangan menghafalnya yang dipake per empat ayat. Saya pikir tanggung kenapa nga lima ayat ...trus kepikiran lah klo lima kita bisa make jari tangan...trus cling Eureka!!! Kita kembangin metode menghafal dengan Jari yuk!!

Dengan menggunakan lima jari bisa membantu menghafal dengan efektif ayat ke berapa kita hafal...Jadi klo ditest misalkan an-Naba ayat ke dua belas misalkan kita langsung bisa sebut ayatnya ' wa banaynaa fawqokum...' Klo ayat ke dua enam kita langsung sebut 'Jazaa awwifaaqo' Nah klo 43??

Ya nga ada lah ...la wong An-Naba cuman 40 ayat!!! ;p

Gimana caranya?

Nah, Alhamdulillah kita punya dua tangan dengan masing-masing lima jari. Basis penggunaan bilangannya adalah lima dan sepuluh.

Gunakan tangan kanan untuk menghitung saat menghafal Al-Quran. mulai baca ayat satu, tekuk jari jempol kanan, ayat dua jari telunjuk dan seterusnya hingga lima ayat maka dikau akan menemukan tangan kananmu mengepal begitu sudah membaca lima ayat. Nah saat membaca ayat ke enam silahkan pilih mau mulai buka jari kelingking dahulu atau jempol, yang jelas begitu ayat ke tujuh buka jari yang selanjutnya hingga ketika ke sepuluh tangan kananmu dalam keadaan semua jari terbuka.

Nah saat bilangan mencapai sepuluh tangan kiri mulai beroperasi. Sepuluh pertama tekuk jari jempol..sepuluh kedua telunjuk, begitu seterusnya hingga bilangan lima puluh. Nah saya baru dititipin untuk sampe surat2 yang jumlah ayatnya di bawah enam puluh. Barangkali nanti Allah menitipkan ilmu kepada sahabat-sahabat saleh lain untuk yang ratusan.

Dengan basis puluhan dan limaan ini akan sangat membantu menghafal Al-Quran lengkap dengan ayat keberapanya. Misalkan klo ditanya An-Naba ayat ke dua belas di atas misalkan. Posisi jari adalah kiri jempol menekuk yang berarti sudah sepuluh, dan tangan kanan dua jari jempol dan telunjuk menekuk. gunakan itu sebagai simbol mentrigger memori. Jadi Dengan lambang itu, dan frekuensi kita menghafal berkali-kali (di postingan sahabat di atas diulangnya 20 kali...aku pikir agak berat, aku baru sanggupnya lima kali) akan membantu kita dengan baik dan efektif mengetahui ayat ke berapa yang kita baca.

Demikian. Silahkan dilanjutkan untuk dikembangkan, semoga menjadi amalan jariyah.

Wallahu'alam bishawab

7 comments:

  1. Jeniusss.... Bisa dipraktekin nih...

    ReplyDelete
  2. bingung... berhubung aku visual, harus liat yg dipraktekkan langsung :D
    tp baiklaah aku coba.. jazaakalloh khoir umar!

    ReplyDelete
  3. ga ngertiii yg ayat 11,12,13 dst.. -_-'

    ReplyDelete
    Replies
    1. http://jaringantelkomsel.com/?id=abdulkholik

      Delete
  4. yep..bingung, maksudnya gimana..

    ReplyDelete
  5. ehmmmmmm......langsung kursus singkat aja mar!! pada bingung tuh pembacanya.

    ReplyDelete
  6. ikut gabung di sms dan nelpon gratis progran TELKOMSEL
    klik http://jaringantelkomsel.com/?id=abdulkholik

    ReplyDelete