Tuesday 6 March 2012

Kasih One..

"Udah solat Ir?"
"Udah Ne.."
Tidak berapa lama pintu kamar saya terbuka lagi. Ibu saya, yang baru beberapa menit yang lalu mengingatkan solat, mengintip dari baliknya.
".. kenapa Ne?"
"Nggak.. cuman pengen liat aja.." sambil senyum-senyum ngeliatin saya.

Ini hal yang biasa banget buat One sama Apa. Kalo anaknya mulai nggak keluar-keluar kamar, entah karena sedang mengerjakan tugas atau keasikan baca buku atau internetan atau.. pokoknya aktivitas yang bikin autis deh.. Apa atau One pasti nengok-nengok ke kamar. Dari mulai ngingetin solat, sampai ya.. gitu.. cuman ngintip2 dikit sambil senyum-senyum.. kangen mungkin sama anaknya, nggak nongol-nongol di luar. Dan makin ke sini rasanya kebiasaan itu makin sering dilakukan.

Jadi, ya.. itu biasa kok.
Tapi yang nggak biasa adalah kalimat sambungan One setelah itu sebelum menutup pintu kamar.
"Gak tau deh nih kalo si Ira pergi gimana.. mungkin One masih juga dateng ngelongok2in* kamar ini, ke sini.."

dan saya pun cuma bisa merespon "Aaa.. One.."
KLIK! pintu tertutup, dan air bah langsung tumpah ke pipi saya.. sukses sampai terisak-isak, model tangis yang sudah lama sekali rasanya mampir ke saya.

*     *     *

Dulu waktu kecil, One sering jadi rebutan saya dan adik. Pernah ada cerita, ketika sedang jalan-jalan sore berempat, kami mengobrol ngalor ngidul seperti biasa. Entah karena pasal apa, saya berkata begini "Pokoknya nanti kalo Ira udah punya rumah sendiri, One tinggalnya sama Ira ya Ne? pokoknya harus tinggal di rumah Ira."

Saat itu One cuman senyum dan bilang "Aamiin.. iya deh.."

Adik saya pun langsung nyeletuk "E-eh.. enak aja.. kan anak One gak cuman Nira, pokoknya One tinggal sama Ririn! kan Ririn yang bungsu! weeek!!" dan perang saudara pun pecah tak terhindarkan lagi. :D

Saya tak yakin apakah One masih ingat kata-kata saya tersebut. Tapi saya diam-diam selalu berharap semoga bisa mewujudkannnya.
Ya Allah.. berikanlah kami kesempatan dan kelapangan rezeki untuk membahagiakan orang tua kami.




..dan ketika sedang mengetik tulisan ini pun, Apa datang mengintip dari balik pintu sambil bertanya "Sehat Ra..? jangan sedih-sedih terus dong.." lengkap dengan mimik muka lucu-kocak khas Apa. Aaah.. Allah.. tolong.. rasanya hanya Engkau yang bisa membalas semua yang sudah mereka berikan.



Rabbighfir lii waliwaa lidayya warhamhumaa kamaa rabbayaanii shaghiiraa..

11 comments:

  1. ya keluar dong ra jangan di kamar mulu.. gaul gitu sama one dan apa.. *eh manggil ibu bapaknya lucu ya.. one dan apa.. bahasa sunda?

    ku kalu pulang ke rumah mama babe tuh ya kumpul.. ngobrol sama mama dan babe.. bantuin mama di dapur, juga bantuin babe di kebon.. ga melulu di kamar loh ra..
    semoga kesampean ya punya rumah dan one juga apa ikutan ira, gantian sama ririn biar ga berantem..

    ReplyDelete
  2. oh, aku gak di kamar melulu kok mbak tin,gak tahan juga, cuman ya itu.. makin ke sini klo ngilang bentar aja dicariin ke kamar.. hehe..
    klo kata one dateng ngintip ke kamarku tuh udah jd kebiasaan..

    makanya makin berasa nih.. :')

    apa sama one itu panggilan dalam bahasa minang.. hehe..

    ReplyDelete
  3. aaaa iraaa
    jadi inget ibu n abah yg suka 'nomaden' di kamar kami bertiga, bergiliran...

    ira banyakin ngobrol ma ortu aja, kadang mereka kangen ama rengekan kita, loh.

    ReplyDelete
  4. Dan Ira jadi melankolis... hahaha...

    ReplyDelete
  5. Iya bener kata dyas.. Smkn bertambah umur, orang tua justru pengen diajak ngobrol lama ra.. Hehe, kalo ibuku suka protes kalo di rumah gk ada yg bs diajakin ngobrol. Mungkin krn ira lagi mengandung jg jd tambah perhatian.. Ibuku jg jd tambah srg ngingetin ini itu skrg.. Ah saya jd kangen emak :( dan kangen juga nengok makam abah

    ReplyDelete
  6. Allahumma Amin .... hoooo jadi penasaran klo pas lagi kita orang Skype-an One begimana .

    ReplyDelete
  7. Cepet pulang mar....! :D

    (jangan lupa oleh-oleh.... :D)

    ReplyDelete
  8. dari marenmaren bacanya galau deh.. itu m.mia cerita kalu bbm-an sama temen lama yang anaknya baru meninggal diusia 16 tahun, sebaya dengan anaknya m.mia.. jadi waktu ditanya lagi ngapain? dijawab m.mia lagi jalan sama anak.. langsung deh nangis.. huhuhu..
    terus itu ibunya sarah juga bapaknya unidian meninggal.. padahal ya sarah berjanji jaga ibunda, dan unidian lagi hamil tua, bapaknya mo datang ke jkt nungguin lahiran.. eh sudah diatur sama tuhan..

    ayo ra, mumpung lagi dekat sama one dan apa.. ku pengen deh tiap hari ke semarang huhuhu.. mana mamaku lagi sakit pula..

    ReplyDelete
  9. @k'iman &paman quarta:
    hehe.. iya.. akhir2 ini saya gampang bgt terharu..

    @dyas:
    hehe.. sudah dilaksanakan yas!! berkat hamil bawaannya jadi kolokan sama one,, ^^

    @tehnia:
    iya teh,, aku jadi kebayang, gimana klo pas lagi hamil jauh dari emak ye... pasti berasa bgt, soalnya kan kita lagi napak tilas gimana emak kite orang dulu tuh..

    @suami:
    ya gitu deh.. pas lagi skype-an tiba2 istri nengok ke arah lain sambil senyum2 itu berarti lagi diintip one aau apa tuh.. hehe..

    @mbaktin:
    huwaa.. mbak tin.. maaf jadi nambahin cerita yang bikin galau.. semoga mamanya cepet sembuh ya mbak.. mana jauh lagi di semarang.

    ReplyDelete
  10. @Aidil Senpai: ya insya Allah, dua pekan lagi ... nga janji yaa heheheh.

    ReplyDelete